Gangguan Sirkulasi Darah (Blood Circulation Disorder)

Gangguan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah merupakan sebuah sistem yang berfungsi memasok semua kebutuhan sel/organ baik berupa oksigen, nutrisi/gizi dan hormon/enzim untuk seluruh proses metabolisme tubuh. Selain itu juga berfungsi memindahkan hasil akhir metabolisme seperti karbondioksida dan air. Gangguan sirkulasi darah memicu munculnya berbagai penyakit degeneratif. Buerger’s Disease dan Reynaud’s Disease adalah contoh dari sekian penyakit yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah. Jantung koroner, stroke, impotensi, kemandulan umumnya juga berawal dari gangguan sirkulasi darah.

Buerger’s Disease (Thromboangitis Obliterans), merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada arteri, vena dan saraf. Kaki dan lengan merupakan daerah yang lebih sering diserang oleh penyakit ini. Buerger’s Disease lebih banyak menyerang orang dewasa antara usia 20 – 40 tahun khususnya pada mereka yang merokok. Untuk meringankan penderitaan, pijat secara lembut daerah sekitar gejala supaya peredaran darah kembali normal, hindari kondisi yang menyebabkan terhambatnya peredaran darah seperti pada suhu dingin, jangan berdiri atau duduk dalam waktu yang lama serta hindari penggunaan celana dalam atau pakaian yang ketat. Penderita sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Reynaud’s Disease adalah gangguan sirkulasi darah karena hipersensitif tangan dan kaki terhadap cuaca dingin dan dapat dipicu oleh stress. Karena kurangnya pasokan darah dan oksigen, jari-jari tangan dan kaki tampak berwarna putih atau berubah kebiru-biruan menyerupai bercak. Pada tahap ini tangan dan kaki menjadi mati rasa dan panas seperti tersengat bahkan akan berkembang menjadi luka/ganggren (luka membusuk yang sulit disembuhkan). Umumnya Reynaud’s Disease lebih banyak diderita oleh wanita berusia antara 15 – 45 tahun. Untuk menghindari gejala yang mungkin timbul kenakan pakaian hangat ketika berada dalam suhu dingin, lindungi tubuh, kepala, tangan dan gunakan sarung tangan, sebaiknya jangan keluar rumah jika udara diluar dingin, batasi konsumsi minuman dingin dan jangan merokok karena rokok dapat mengganggu sirkulasi darah pada kulit. Gunakan kontrasepsi selain pil atau tablet karena akan mengganggu sirkulasi darah dan membuat serangan lebih sering terjadi. Tekanan emosional juga dapat memicu kembalinya gejala Reynaud’s Disease.

Perubahan pola makan yang sehat sangat dianjurkan untuk penderita gangguan sirkulasi darah. Susunlah diet yang 50% terdiri dari makanan alami/segar. Hindari obesitas, makanan yang mengandung minyak atau lemak dan batasi konsumsi kafein.

Gejala :

Buerger’s Disease
• Nyeri yang hilang timbul (nyeri saat aktifitas, berkurang saat istirahat).
• Adanya ulkus (luka terbuka), gangren (kematian jaringan).
• Denyut nadi pada kaki sangat lemah dan sulit terdeteksi.
• Timbul rasa kebas dan rasa nyeri seperti terbakar.

Reynaud’s Disease
• Pada jari-jari tangan dan kaki tampak berwarna putih atau berubah kebiru-biruan menyerupai bercak.
• Pada tahap berikutnya tangan dan kaki menjadi mati rasa dan panas seperti tersengat bahkan akan     berkembang menjadi luka/ganggren.

Produk Yang Disarankan :


Produk Dosis/Hari Keterangan
Excellent (Sangat Baik)
Niwana SOD 3x1 sachet (1 SMB) Sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab terbentuknya lemak peroksida serta mengikis lemak peroksida dalam pembuluh darah.
Supergreen Food 2x5 tablet (1STM) Mencegah pengentalan darah dan pH tidak asam/Asidosis.
Vitayang Fish Oil+EPO 2-1x1 Softgel (STM) Membantu melancarkan sirkulasi darah, memelihara kesehatan pembuluh darah dan syaraf.
Good (Baik)
Supergreen Food 2x5 tablet (1STM) Mencegah pengentalan darah dan pH tidak asam/Asidosis.
Vitayang Fish Oil+EPO 2-1x1 Softgel (STM) Membantu melancarkan sirkulasi darah, memelihara kesehatan pembuluh darah dan syaraf.
KK Minuman Serbuk Kedelai 2 gelas Mengandung lecithin yang berfungsi mengemulsi lemak/kolesterol dan asam lemak tak jenuh untuk menurunkan kadar kolesterol.
Additional (Pendukung)
KK Liforce (Kalung/Belt) Membantu kelancaran sirkulasi darah.

Note : Suplemen diatas bukan sebagai pengganti obat/tindakan medis yang disarankan dokter